Gimana ya liku hidup Bung Hatta???

Written By Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012 | 06.55


biografi Hero of Indonesia Mohammad Hatta


            Dr.(H.C) Drs.H.Mohammad Hatta (populer sebagai Bung Hatta, lahir di bukittinggi,Sumatera Barat 12 Agustus 1902 – wafat di Jakarta,14Maret 1980) adalah pejuang, negarawan, dan juga Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Hatta dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Bandar udara Internasional Jakarta menggunakan namanya bersama Soekarno untuk penghormatan terhadap jasanya sebagai salah seorang proklamator kemerdekaan Indonesia.
            Nama yang diberikan oleh orang tuanya ketika dilahirkan adalah Muhammad Athar.Pada tahun 1921 , Bung Hatta pergi ke Rotterdam, Belanda untuk belajar ilmu perdagangan/bisnis di Nederland Handelshogeschool (bahasa Inggris: Rotterdam School of Commerce, kini menjadi Universitas Erasmus). Ia disana selama 11 tahun
            Pada 27 November 1956, Bung Hatta memperoleh gelar kehormatan akademis yaitu Doctor Honoris Causa dalam Ilmu Hukum dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
            Bung Hatta wafat pada tanggal 14 maret 1980 di RS Dr Cipto Mangunkusumo, Jalarta, pada usia 77 tahun dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir tanggal 15 Maret 1980 gan
            Kita sebagai bangsa Indonesia harus berbangga gan memiliki tokoh bangsa yang hebat seperti Bung Hatta dan pahlawan nasional lainnya yang sudah memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini MERDEKA!!!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Sumber : Buku Sejarah

Posting Komentar