Sejarah 5 Teknologi Penting

Written By Unknown on Kamis, 25 Oktober 2012 | 08.23


Berikut nig an fakta tentang teknologi dunia
KAPAN KERETA MULAI DIPAKAI??

                Ide pembuaatan rel berawal pada pertengahan abad 16 ketika kereta kuda dijalankan pada jalur khusus dari kayu. Akhir abad 18, jalur khusus ini dibuat dari besi. Dan tahun 1830, Samuel Homfray membiayai Richard Trevithick untuk membuat kereta yang menggantikan kuda dengan mesin. Kereta ini relnya seperti trem yang berjalan dalam kota. George Stephenson kemudian membuat kereta lokomotif yang jalur khususnya seperti rel yang kita kenal sekarang.
SIAPA PEMBUAT MESIN TERBANG PERTAMA??

                Konon, Yuan Huangtou pernah mencoba terbang menggunakan layangan dari menara tahun 559. Pada abad 17, Hezarfen Ahmet Celebi dari Turki berhasil naik terbang laying. Tahun 1884, Alexander Feodorovich Mozhaiski dari Rusia mengembangkan mesin terbang yang mampu terbang setinggi 20 m. Clement Ader dari Prancis adalah orang pertama yang terbang dengan mesin terbang sejauh 50 m dalam percobaan rahasia militer Prancis. Otto Lilienthal dari Jerman adalah orang pertama yang melakukan percobaan terbang layang  dan ada fotonya. Ia telah melakukan 2000 kali percobaan dan akhirnya meninggal karena kecelakaan saat percobaannya itu. Orville & Wilbur Wright dari Amerika adalah orang yang pertama kali terbang dengan mesin terbang yang bias dikendalikan tahun 1903. Mesin ini mampu terbang setinggi 279m selama satu menit. Ini adalah penerbangan pertama dalam sejarah gan!
SIAPA PENCIPTA SEPEDA??

                Karl Von Drais, seorang pelayan di Jerman, menciptakan Laufmaschine (mesin lari) tanpa pedal tahun 1817. Ciptaannya dipatenkan tahun 1818 dan sukses dipasaran. Di Inggris alat ini disebut draisine, tetapi secara umum disebut velocipede. Orang Indonesia mengambil istilahnya dari velocipede menjadi cipede kemudian menjadi sepeda. Mesin ini dibuat dari kayu, Drais menciptakan Laufmaschine karena kasihan melihat kuda kelaparan ddan panen yang gagal akibat letusan gunung Tambora di Indonesia. Mesin ini bias dipacu sejauh 13 km dalam waktu kurang dari satu jam. Tahun 1866, Denis Johnson dari Inggris menyempurnakan desain Drais menjadi sepeda berpedal seperti yang kita kenal sekarang.
TELEPON SELULAR PERTAMA DIBUAT??

                Motorola Dynac Tac 8000X rancangan Rudy Krolopp adalah telepon selular pertama di dunia. Pembuatannya memakan waktu kurang lebih 10 tahun. Biaya pengembangannya mencapai $100 million dan beratnya 2 pounds (1 kg), sehingga dinamakan batu bata atau The Brick. DynacTac 8000X hanya bias digunakan setengah jam sekali cas.
SIAPA YANG PERTAMA KALI MEMBUAT BUKU TELEPON??

                Buku telepon pertama dibuat tahun 1878 oleh New Haven District Telephone Company. Buku telepon ini hanya terdiri atas 1 halaman dan isinya bukan nomor telepon, melainkan kode untuk menghubungi perumahan, professional, dan berbagai jasa.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Sumber Ensiklopedia IPA

Posting Komentar