Taukah Kalian Hubungan Antara Dinamit Dan Hadiah Nobel?

Written By Unknown on Jumat, 25 Juli 2014 | 07.22



Konniciwa sahabat ZAC! gokigenyou, kembali lagi dalam Artikel-artikel menarik ZAC lainnya yang kali ini akan membahas tentang hubungan antara dinamit dan hadiah nobel yang terkenal itu maka dari itu inilah ulasan mengenai hubungan keduanya dari ZAC!
               
            Tahun 1853 sampai 1856 terjadi Perang Krim antara Rusia melawan Inggris,Perancis,Turki,dan Sardinia. Alfred Nobel adlah anak pengusaha torpedo dan ranjau yang menjual barang dagangannya untuk kepentingan perang Rusia. Setelah perang selesai, Rusia tidak butuh torpedo dan ranjau sehingga perusahaannya bangkrut. Nobel Kembali ke Negara kelahirannya, Swedia, dan mendirikan pabrik nitrogliserin, bahan peledak cair. Tahun 1864 pabrik itu meledak, lima orang karyawan termasuk adik Nobel tewas. Pabriknya lalu ditutup pemerintah,wah ngeri banget ya bahan peledaknya sobat?.
                
             Secara kebetulan, Nobel melihat nitrogliserin cair menetes ke tanah berkapur. Dari perpaduan antara nitrogliserin dengan tanah berkapur itu terciptalah dinamit yang cukup aman. Nobel membuat pabrik dinamit dan jadi kaya raya. Kehebatan dinamit dalam perang menyebabkan korban jiwa yang sangat besar dan belum pernah terjadi sebelumnya. Nobel pun menyesal. Akhirnya, dalam wasiatnya ia menyebutkan bahwa sebagian hartanya disumbangkan untuk kemajuan ilmu pengetahuan. Maka didirikanlah suatu yayasan yang memberi Hadiah Nobel setiap tahunnya.
               
             Begitulah sobat ZAC mengenai asal-muasal hubungan antara dinamit dan hadiah nobel yang sering kita dengar diberikan pada individu-individu yang berjasa bagi dunia setiap tahunnya sobat! Hebat bukan?,nah sekian artikel ZAC kali ini semoga bermanfaat Mata auzo di artikel-artikel lainnya!.

0 komentar:

Posting Komentar