Yang unik-unik dari paus gan

Written By Unknown on Rabu, 07 November 2012 | 01.45

                Halo gan bertemu lagi dengan saya yang kali ini akan mengulas tentang ikan paus yang  merupakan hewan yang “tua” di bumi ini klo penasaran ulasannya gan?, come on!

                Paus Biru (Balaenoptera musculus). Beratnya bisa mencapai 130.000 kg (hampir sama dengan 30 ekor gajah atau 1600 manusia), penjangnya bisa mencapai 30 m bahkan lebih. Ia bukan golongan ikan tetapi binatang menyusui, bernafas dengan paru-paru, melahirkan serta menyusui anaknya.
                Fosil ikan paus yang ditemukan menunjukkan bahwa ikan paus hidup di Bumi sejak tujuh juta tahun yang lalu. Namun demikian, para ilmuwan percaya bahwa ikan paus ada sejak 55 juta hingga 60 juta tahun yang lalu.

                Terdapat 80 jenis ikan paus di dunia ini, termasuk 11 spesies baleen whales dan 69 spesies toothed whales termasuk ikan lumba-lumba. Walaupun ikan paus hidup di laut, terdapat beberapa spesies ikan paus atau dikenal sebagai ikan lumba-lumba bernama Chinese river dolphin yang hidup di air tawar.

                Hal unik lain dari paus adalah bahwa ikan paus merupakan pemakan plankton. Plankton adalah makhluk hidup yang sangat kecil, lebih kecil dari semut. Jumlah plankton sangat banyak, hidup melayang-layang di dalam air. Ikan paus memangsa plankton dengan cara menyaring air dengan mulutnya yang berfungsi seperti saringan, sehingga plankton tertinggal di dalam mulutnya.

                Di atas adalah ulasan tentang hewan mamalia air yaitu paus dengan berbagai keunikannya kita patut bersyukur dan mengagumi keagungan tuhan yang telah menciptakan makhluk seperti paus, dan sekian dari saya semoga ulasannya bermanfaat so, see you later J


SUMBER: The Complete Book Of Science

0 komentar:

Posting Komentar